Pelajaran PPKn

KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Tujuan :

Menganalisis hubungan antara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dengan Kontek Sejarah dan Geopolitik Indonesia.
1.      Pengertian Kesadaran Berbangsa dan Bernegara                                                                Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah dapat bertindak (sikap) dan berperilaku sesuai dengan cita-cita dan tujuan negara Indonesia serta tidak berbuat sesuatu yang merugikan dan membahayakan bangsa dan bernegara.
      Faktor - Faktor Pendukung Untuk Terciptanya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara  :

·         Tingkat ke-amanahan seorang pejabat.

·         Pemerataan kesejahteraan setiap daerah.

·         Keadilan dalam memberikan hak dan kewajiban semua rakyat

·         Kepercayaan kepada wakil rakyat atau pemerintahan

·         Tegasnya hukum dan aturan pemerintahan.

·         Rasa memiliki dan bangga berbangsa Indonesia.

·         Menyadari bahwa berbangsa dan bernegara yang satu.

·         Mengetahui lebih banyak nilai positif dan kekayaan bangsa.
2.      Letak Geografis Indonesia
       Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) serta dua samudera (Hindia dan Pasifik), letak Indonesia yang strategis membuat Indonesia memiliki potensi ekonomi yang luar biasa besar. Serta Indonesia memiliki banyak kebudayaan. Besarnya potensi Indonesia ini mengakibatkan bangsa lain ingin menguasai Indonesia.

3.      Pengertian Kontek Sejarah Geopolitik Indonesia
       Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.
Geopolitik diartikan sebagai sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional yang di dorong oleh aspirasi nasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi, wilayah atau territorial dalam arti luas).

4.      Hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dengan kontek sejarah dan geopolitik Indonesia adalah dalam membangun kesatuan wilayah, rasa memiliki, dan saling menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional dibutuhkan rasa kesadaran berbangsa dan bernegara dengan melaksanakan peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional. Jika kesadaran berbangsa dan bernegara tidak dapat dilaksanakan dengan baik, tentu wilayah NKRI akan terpecah dan tidak dapat mencapai tujuan nasional dan bisa saja bangsa lain akan mengambil keuntungan  dengan adanya perpecahan tersebut.

Nama Kelompok (X MIA 1) :

·         Citayana Fani Refalta ( 5 )

·         Muhammad Reza Vallevy ( 13 )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Percobaan Reaksi Pendesakan Logam (Kimia)

Ayat-Ayat (Tugas Agama)

Pengertian Strategi Belajar