Cerpen


Hello, ini mungkin cerpen terakhir yang aku pos lewat blog di tahun 2014. Nggak nyangka aja udah ganti tahun. Resolusi 2015~barakallah fii umrik {}

Antara Cinta dan Prinsip Diri
Kenalin nama gue Brigita Wikan Astuti. Gue biasa dipanggil Gita (kalo di rumah), kalo sekolah gue biasa dipanggil Ikan-_- Ya anehnya gue terima-terima aja. Emang nama gue ada “Ikan” nya sih.  Tapi, gue pasrah.
Desember ceria. Ah iya, gue inget. Tahun lalu dengan bulan yang sama gue janji mau ke tempat  kakak sepupu di Yogyakarta. Tepatnya di kabupaten Bantul. Rafa namanya, cewek 16 tahun yang introvert banget. Gue ke Yogya naik pesawat, sendiri tepatnya. Hmm, abis nggak ada yang nemenin. Kak Chandra lagi sibuk-sibuknya sama dunia fotografi.
“Sorry, lagi nggak bisa diganggu.”, tolaknya.
Mami papi? Sibuk sama kerjaann. Inilah nasib gue. Oke, paling nggak selama 2 minggu gue berada di Yogyakarta.
***
Rintik hujan membasahi bumi pagi ini. Hawa dingin tak pula menusuk tulang, namun sukses membuat gue malas bangun. Tapi sayang,  bisikan setan tak sukses menyuruh gue untuk mengundur-ngundur sholat. Iman emang lagi diuji. Gue bangkit dengan mata masih mengantuk. Tak sadar kalo di depan udah ada Rafa.
“Git, cuci muka dulu sana terus minum segelas air putih dan wudhu.”, perintahnya.
“Iya, Kak.”, jawab gue.
Selepas sholat subuh, gue kembali ingin merebahkan diri ke tempat tidur. Sayang seribu sayang, dicegat oleh Rafa.
“Git, kamu ikut aku ke sekolah, ya? Daripada cuma di rumah.”, ajaknya.
“Emang boleh, Kak? Keliatan juga kali kalo aku bukan dari sekolah kakak.”
“Tenang. Kamu tinggal pake baju seragamku. Soalnya nanti classmeet, jadi aku pake olahraga dan kamu harus liat pertandingan voli dari kelasku. Soalnya aku main. Oke?”
“Yaudah deh.”
Tepat pukul 07.30 kami berangkat. Memang kalo classmeet pada berangkat siang-siang yak. Kalo hari biasa udah disuruh balik kali yak. Ah, lanjut. Gue sama Rafa naik sepeda. Berboncengan. Gue yang minta. Jarang-jarang gue naik sepeda, berangkat juga cuma dianter sama Pak Duloh-supir papi di rumah.

Sekitar 1,5 jam lagi, Rafa baru main voli. Aih, masih lama. Kenapa nggak setengah jam sebelum pertandingan dimulai  aja berangkatnya (batin gue).
“Kak, aku pengen ke perpusda nih. Yang kemarin kakak bilangin.”
“Perpus di sekolah ini aja kenapa? Lengkap juga kok kalo novel.”
“Pengennya yang kemarin. Yak? Kan masih lama juga.”
“Nanti, ya?  90 menit  di perpus itu cuma bentar. Belum lagi agak jauh kan.”
Bukan Brigita namanya kalo nggak ngeyel. Karena masih lama, gue nekat pergi ke perpus sendiri dengan sembunyi-senmbunyi dari Rafa. Yap, naik sepeda. Entah, gue emang bener-bener buta arah. Namun, feeling gue bisa dibilang oke. Gue sampe perpus dengan nggak pula selamat. Hampir nabrak bapak-bapak yang lagi ngangkat kasur. Duh  aduhh duh, untung aja nggak kenapa-kenapa. :v
Bisa dibilang, gue ini PD keterlaluan. Gimana enggak baru beberapa hari di Yogya, udah maen sana-sini. Tau perpusda juga baru kemarin siang. Sorry nih, malah nyampah. Xixixi…
“Mbak, tasnya ditaruh di loker.”, kata ibu-ibu berkerudung merah persis di depan gue ketika hendak masuk perpusda.
“Oh ya, Bu. Maaf.”, jawab gue.
Malu setengah mati. Mana agak keras lagi ngasih taunya. Ngeliatin gue deh jadinya. Tas segera gue taruh di loker itu, kecuali laptop. Kunci. Cuss masuk. Tak lupa, gue ngisi daftar hadir. Itu emang udah prosedurnya masuk perpus yak. Iyak, baru tau ya? Ah, kudet amat.
***
“Hello, Kak.”, ucap gue sambi tersenyum.
“Brigita Wikan Astutiiiiiiii. Kamu ini ke mana aja sih? Aku cariin di mana-mana.”, balas Rafa.
“Cuma ke perpusda kok, Kak. Kan tadi udah bilang. Maaf ya, Kak. Kalo udah khawatir. Hehe.”
“Ya udah. Handphone kamu nggak aktif? Dari tadi aku sms, telepon, pake ping segala lagi.”
“Eh, iya apa, Kak? Ya, berarti batrenya habis. Kakak bawa power bank nggak?”
Rafa mengeluarkan power bank dari tasnya. Kurang lebih, 20 menit lagi Rafa bertanding. Ya, jadwal molor. Berarti tepat perkiraan gue. Hehe.
“Kak, ngantin yuk? Lapar.”, ajak gue.
“Oke.”
Kebiasaan gue dari dulu. Pesen siomay, nggak pernah pake kecap. Hihi, alasan nggak logis. Nggak enak. Habis manis, gue kan udah manis. :v Sedangkan, Rafa pesen mie ayam. Setelah menerima makanan dan membayar, gue dan Rafa mencari tempat duduk yang menghadap di lapangan voli.
“Kak, cowok itu siapa sih? Tinggi banget yak. Haha. Beda banget dari aku.”, komentar gue.
“Hus, nggak usah ngomongin orang. Lanjut makan.”, jawab Rafa.
“Ih, langsung galak gitu, Kak. Eh, bentar. Muka kakak nge-pink. Wah, ada apa ini?”
“Nggak ada apa-apa.”
“Ah, boong. Ceritalah, Kak.”
“Enggak.”
“Kak?”
“Apa?”
“Cerita, ya?”
Rafa diam. Gue tau, ini taktiknya biar keliatan marah. Dan gue lebih tau, bagaimana menyelesaikannya. Brigita memang pintar. Hahaha.
“Gue bayarin deh semuanya. Cerita, yak?”
Rafa mengangguk dan melanjutkan ritual makannya. Tak lama ia selesai makan dan mulai membuka pembicaraan. Bentar, dari tadi emangnya apa? Pengantar. :o
“Dia cowok yang nembak aku 5 bulan lalu. Tapi aku tolak.”
Siomay yang telah masuk di kerongkongan, entah kenapa tiba-tiba aja keluar dari mulut gue. Rafa tertawa cekikikan. Bukannya bantuin, please deh, Kak. Setelah dirasa baikkan gue menanggapi ungkapan Rafa.
“ Oh, yang pernah kakak ceritain dulu, yak?”
“Iya. Masalah pipi nge-pink udah biasa kali. Kulitku kan putih. Hahahaha.”
“Yee, nge-pink juga ada sebab, Kak. Eh, bentar. Jangan bilang kakak suka sama cowok yang kakak tolak itu? Ngaku deh.”
“Tau ah!”
“Yaaa, Kak. Jangan marah dong, Gita kan bercanda tapi serius.”
Kami tertawa. Sampai-sampai seluruh penghuni kantin, menengok ke arah kami. Memalukan!
“Entah lah, Ta. Keputusanku udah bulat untuk menolak, tapi masih aja kepikiran.”
“Itu artinya kakak terjebak dengan lingkaran setan. Hahaha.”
“Maksud kamu? Aku nggak ngerti.”
“Hmm, begini Kak. Untuk kalangan jomblo kayak aku gini sih pilihan itu udah tepat. Kenapa? Pacaran itu cuma buang-buang waktu, Kak. Rugi. Ya iya sih, seneng kalo ada orang yang cinta, sayang sama kita. Cumaa, kita nggak tau isi hati orang. It’s okay kalo niatnya baik mencintai kita? Nah, kalo enggak. Aduhh berabe. Yang ada cuma sakit, Kak. Disini. Hahaha.”
“Kamu udah pernah pacaran, Ta?”
“Sampai umurku udah benar-benar ngerti, Kak. Apa definisi ‘cinta’ yang sesungguhnya, aku nggak pacaran. Bergantung dengan prinsip orang. Aku udah yakin, cintaku kelak nanti, untuk suami. Hahaha.”
“Kak.”, tambahku.
“Ya?”
“Saranku kalo kakak udah nolak ya sudah. Kakak nggak perlu mikirin itu lagi. Fokus kakak sekarang belajar. Udah mau kelas tiga kan? Begini laki-laki boleh pdkt, tapi kita lah yang memutuskan pilihan antara ‘ya’ atau ‘tidak’ kalau mereka nembak. Hehehe.”
“Dalem banget, Gita. Salut punya adik sepupu kayak kamu. Prinsipnya oke.”
Tertawa. Kali ini tak pula keras. Namun cukup menggetarkan gelas di samping piring siomay. Rafa tersenyum manis. Kayaknya ngerti + masuk deh apa yang gue omongin barusan. Cocok kali yee gue masuk jurusan psikologi. :D
“Ta, ayok. Aku udah mau main, nih. Bayarin sesuai janji.”
“Oke, Kak.”
Gue berlari kecil menghampiri Rafa yang udah duluan menuju lapangan voli. Muka gue emang terlihat asing. Ah iya, tak terkecuali gue melihat cowok tadi. Sepertinya dia ingin melihat pertandingan Rafa. Diam-diam masih perhatian. Yakin? Gue rasa nggak, dia berlalu dengan seorang cewek tepat di sampingnya menuju kantin.
“Lupain, Kak. Semangatt!!”, ucap gue dengan menepuk bahu Rafa.

**Selesai**





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Percobaan Reaksi Pendesakan Logam (Kimia)

Ayat-Ayat (Tugas Agama)

Pengertian Strategi Belajar