Contoh Teks Eksposisi #TugasSekolah #Ekonomi #PerdaganganBebas


Mata Ekonomi dengan Perdagangan Bebas
 Setiap negara dapat dipastikan mempunyai tujuan didirikannya negara atau visi misi untuk masa depan yang lebih baik. Dalam proses tersebut, sektor di bidang ekonomi mempunyai peran yang sangat penting. Negara yang satu dengan negara yang lain mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan nilai ekonominya. Salah satunya dengan menerapkan perdagangan bebas. Akan tetapi, perdagangan bebas tak selalu menguntungkan bagi suatu negara. Justru sebaliknya, perdagangan bebas dapat menimbulkan defisit atau merugikan suatu negara bila kurangnya faktor yang mendukung.
Perdagangan ini dapat dikaitkan dengan bebasnya biaya pajak (bea atau cukai) penjualan produk antarnegara melalui ekspor-impor atau perdagangan lainnya. Perdagangan bebas  tidak menganut adanya hambatan buatan atau hambatan yang diterapkan oleh  pemerintah. Negara yang menerapkan perdagangan bebas dapat menciptakan produk lebih banyak dan unggul. Sekaligus dapat menimbulkan persaingan antarnegara yang tidak baik.
Dalam teorinya perdagangan bebas memang tidak menerapkan hambatan. Akan tetapi, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena cenderung  melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan yang berskala kecil justru tidak dapat bertahan karena kuatnya pengaruh perusahaan besar . . . . .




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Percobaan Reaksi Pendesakan Logam (Kimia)

Ayat-Ayat (Tugas Agama)

Pengertian Strategi Belajar